SILABUS
Nama Sekolah :
SMKN 1 Omben
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Program :
XI / Teknologi
Semester :
Ganjil
Tahun Pelajaran :
2018/2019
KOMPETENSI INTI :
Kompetensi Inti 3 (PENGETAHUAN)
·
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup
kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Inti 4 (KETERAMPILAN)
·
Melaksanakan tugas spesifik
dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan
serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
·
Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
·
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
·
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.15 Menerapkan operasi matriks dalam
menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
Matriks
|
·
Menentukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian scalar matriks, perkalian dua matriks
·
Menyelesaikan masalah operasi matriks
|
-
Mengamati dan
mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan operasi matriks
-
Mengumpulkan
dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan
dengan operasi matriks
-
Menguji
validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan operasi matriks
-
Menyajikan
secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep operasi matriks
|
1.
Hitung hasil dari
![]() ![]()
2.
![]() |
8
x 45 menit
|
·
Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·
Referensi lain yang sesuai
|
4.15 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan matriks
|
||||||
3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan
tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
Determinan
dan invers matriks
|
·
Menentukan nilai determinan, invers, tranpos
matriks 2
·
Menentukan nilai determinan, invers, tranpos
matriks ordo 3
|
-
Mengamati dan
mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks
-
Mengumpulkan
dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan
dengan determinan dan invers matriks
-
Menguji
validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks
-
Menyajikan
secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep determinan dan invers matriks
|
![]() ![]()
3
|
8
x 45 menit
|
·
Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·
Referensi lain yang sesuai
|
4.16 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan,
invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
·
Menyelesaian masalah yang berkaitan dengan
determinan, invers, dan transpose matriks ordo 2
·
Menyelesaian masalah yang berkaitan dengan
determinan, invers, dan transpose matriks ordo 2
|
SILABUS
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.17 Menentukan
nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
Vektor
pada dimensi dua
|
-
Melakukan operasi pada vektor.
-
Menyatakan vektor di R-2 baik sebagai vektor posisi maupun dalam bentuk kombinasi
linear
-
Menentukan
panjang/besar vektor di R-2.
-
Menentukan hasil kali skalar dari dua vektor.
-
Menentukan bahwa dua vektor saling tegak lurus
|
-
Mengamati
dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan vektor pada dimensi
dua
-
Mengumpulkan
dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan
dengan vektor
pada dimensi dua
-
Menguji validitas/kesahihan terhadap
beberapa prinsip yang berkaitan dengan vektor pada dimensi dua
-
Menyajikan
secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep vektor pada dimensi
dua
|
![]() ![]()
3
|
12
x 45 menit
|
·
Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·
Referensi lain yang sesuai
|
4.17
Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
||||||
3.18
Menentukan nilai
besaran vektor pada dimensi tiga
|
Vector
pada dimensi tiga
|
-
Menyatakan vektor di R-3 sebagai vektor posisi maupun dalam bentuk kombinasi linear.
-
Menentukan
panjang/besar vektor di R-3
-
Menentukan hasil kali skalar dari dua vektor di R-3
-
Menentukan hasil kali silang dari dua vektor
|
-
Mengamati
dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan vektor pada dimensi
tiga
-
Mengumpulkan
dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan
dengan vektor
pada dimensi tiga
-
Menguji validitas/kesahihan terhadap
beberapa prinsip yang berkaitan dengan vektor pada dimensi tiga
-
Menyajikan
secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep vektor pada dimensi tiga
|
![]() ![]()
2
3
![]() |
12
x 45 menit
|
·
Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·
Referensi lain yang sesuai
|
4.18
Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
|
SILABUS
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.19
Menentukan nilai variabel pada persamaan dan
fungsi kuadrat
|
Persamaan
dan fungsi kuadrat
|
-
Menentukan persamaan kuadrat
-
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat
-
Menentukan hasil jumlah dan hasil kali akar-akar
persamaan kuadrat
-
Menentukan fungsi kuadrat
-
Menggambar grafiks fungsi kuadrat
-
Menghubungkan kaitan persamaan dan fungsi
kuadrat
|
-
Mengamati
dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
-
Mengumpulkan
dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan
dengan fungsi persamaan dan fungsi kuadrat
-
Menguji
validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep persamaan dan fungsi kuadrat
|
![]() ![]()
4
5
6
|
14
x 45 menit
|
·
Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·
Referensi lain yang sesuai
|
4.19 Menyajikan penyelesain masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
SILABUS
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.20
Menganalisis
operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
Fungsi
komposisi dan invers fungsi
|
-
Menetukan hasil operasi komposisi fungsi
-
Menentukan invers dari fungsi
-
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi
komposisi dan invers fungsi
|
-
Mengamati
dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan komposisi dan invers
-
Mengumpulkan
dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan
dengan komposisi dan invers
-
Menguji
validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan komposisi dan invers
-
Menyajikan
secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep komposisi dan invers
|
1.
f : R → R dan g : R → R
f(x) = 3x –
1 dan g(x) = 2x2 + 5
Tentukan:
a. (g o
f)(x)
b. (f o
g)(x)
c. (g o f) –
1 (x)
d. (f o g) –
1 (x)
|
10
x 45 menit
|
·
Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·
Referensi lain yang sesuai
|
4.20
Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada
fungsi
|
Mengetahui,
Kepala SMKN Omben
Drs. Mukani, MM
NIP. 19681210 199903 1 007
|
Omben, 16 Juli 2018
Guru Matematika
Muizzatul Hasanah, S.Pd
NIP. 19820225 201406 2 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar