Perangkat KBM



SILABUS
Nama Sekolah              : SMKN 1 Omben
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Program           : XI / Teknologi
Semester                      : Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2018/2019

KOMPETENSI INTI      :
Kompetensi Inti 3 (PENGETAHUAN)
·         Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif  sesuai   dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Inti 4 (KETERAMPILAN)
·         Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
·         Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
·         Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
·         Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
3.15    Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
Matriks

·         Menentukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian scalar matriks, perkalian dua matriks
·         Menyelesaikan masalah operasi matriks
-      Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan operasi matriks
-      Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan operasi matriks
-      Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan operasi matriks
-      Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep operasi matriks
1.       Hitung hasil dari  !
2.                
8 x 45 menit
·         Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·         Referensi lain yang sesuai
4.15   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks
3.16    Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
Determinan dan invers matriks
·         Menentukan nilai determinan, invers, tranpos matriks 2
·         Menentukan nilai determinan, invers, tranpos matriks ordo 3
-      Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks
-      Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks
-      Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks
-      Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep determinan dan invers matriks










3

8 x 45 menit
·         Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·         Referensi lain yang sesuai
4.16    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
·         Menyelesaian masalah yang berkaitan dengan determinan, invers, dan transpose matriks ordo 2
·         Menyelesaian masalah yang berkaitan dengan determinan, invers, dan transpose matriks ordo 2
                                                                                                 
SILABUS

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua
Vektor pada dimensi dua
-          Melakukan operasi pada vektor.
-          Menyatakan vektor di R-2 baik sebagai vektor posisi maupun dalam bentuk kombinasi linear
-          Menentukan   panjang/besar vektor di R-2.
-          Menentukan hasil kali skalar dari dua vektor.
-          Menentukan bahwa dua vektor saling tegak lurus
-      Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan vektor pada dimensi dua
-      Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan vektor pada dimensi dua
-       Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan vektor pada dimensi dua
-      Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep vektor pada dimensi dua




3
12 x 45 menit
·         Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·         Referensi lain yang sesuai
4.17 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
Vector pada dimensi tiga
-      Menyatakan vektor di R-3 sebagai vektor posisi maupun dalam bentuk kombinasi linear.
-      Menentukan   panjang/besar vektor di R-3
-      Menentukan hasil kali skalar dari dua vektor di R-3
-      Menentukan hasil kali silang dari dua vektor

-      Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan vektor pada dimensi tiga
-      Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan vektor pada dimensi tiga
-       Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan vektor pada dimensi tiga
-      Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep vektor pada dimensi tiga









2

3
12 x 45 menit
·         Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·         Referensi lain yang sesuai
4.18 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga














SILABUS
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
Persamaan dan fungsi kuadrat

-      Menentukan persamaan kuadrat
-      Menentukan akar-akar persamaan kuadrat
-      Menentukan hasil jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
-      Menentukan fungsi kuadrat
-      Menggambar grafiks fungsi kuadrat
-      Menghubungkan kaitan persamaan dan fungsi kuadrat
-      Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
-      Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan fungsi persamaan dan fungsi kuadrat
-      Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep persamaan dan fungsi kuadrat






4



5


6



14 x 45 menit
·         Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·         Referensi lain yang sesuai
4.19 Menyajikan penyelesain masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat




SILABUS

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
Fungsi komposisi dan invers fungsi
-      Menetukan hasil operasi komposisi fungsi
-      Menentukan invers dari fungsi
-      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi komposisi dan invers fungsi
-      Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan komposisi dan invers
-      Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan komposisi dan invers
-      Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan komposisi dan invers
-      Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep komposisi dan invers
1.       f : R → R dan g : R → R
f(x) = 3x – 1 dan g(x) = 2x2 + 5
Tentukan:
a. (g o f)(x)
b. (f o g)(x)
c. (g o f) – 1 (x)
d. (f o g) – 1 (x)



10 x 45 menit
·         Buku Guru dan buku siswa Matematika SMK
·         Referensi lain yang sesuai
4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi


Mengetahui,
Kepala SMKN Omben




Drs. Mukani, MM
NIP. 19681210 199903 1 007
Omben, 16 Juli 2018
Guru Matematika




Muizzatul Hasanah, S.Pd
NIP. 19820225 201406 2 003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar